Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Rabu, 14 April 2010

Pemasaran lewat Facebook

Setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang bagaimana Facebook bekerja, adrenalin Anda mungkin akan terpompa karena Anda menemukan potensi untuk menpromosikan bisnis Anda ke lebih dari 40 juta orang.

Tapi sebelum Anda mulai ...

Pemasaran melalui Facebook atau jaringan sosial perlu menggunakan strategi, dan menggunakan rencana pemasaran yang tepat. Begitu banyak bisnis telah hancur karena mereka tidak berhati-hati dalam menggunakan jaringan pertemanan ini. Setelah Anda terbiasa dengan alat yang dijelaskan di bawah ini, ambil waktu untuk merancang garis besar rencana untuk diri sendiri.

Berikut adalah beberapa tool berbeda (semuanya gratis) yang disediakan Facebook yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Gunakan alat ini dengan bijaksana sehingga dapat membantu bisnis Anda tumbuh. Menyalahgunakan mereka akan membunuh bisnis Anda dan Anda akan dianggap sebagai spammer. Jelajahi Facebook dan "aplikasi" link untuk mendapatkan semua di bawah ini:

Menciptakan sebuah grup:

Siapapun dapat membuat grup/kelompok mereka sendiri di Facebook. Cara terbaik untuk membangun sebuah komunitas di sekitar produk atau jasa Anda adalah untuk membuat grup yang mewakili itu. Beberapa fitur yg dimiliki grup adalah papan diskusi, “dinding”, posting item (tempat yang bagus untuk mengirim link) dan kemungkinan untuk meng-upload video dan gambar. Ketika Anda mulai membangun grup Anda, dan caranya sederhana sekali, Anda dapat menambahkan link website Anda, lokasi, kontak dan informasi lainnya yang Anda inginkan. Langkah selanjutnya adalah mengundang jaringan pribadi Anda untuk bergabung dengan grup Anda.

Bergabung dengan Grup lain untuk Pemasaran Bisnis Anda:

Grup adalah salah satu tempat paling kuat yang dapat membantu Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Cara efektif untuk melakukannya adalah bergabung dengan grup yang relevan dengan bisnis Anda. Bergabunglah dengan grup tersebut dan aktiflah di dalamnya. Jika Anda bergabung dan mengirim pesan hanya sekali, tak seorang pun akan melihat Anda. Sebaliknya, berpartisipasilah secara aktif di papan diskusi dan menulislah secara teratur di dinding. Salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan perhatian adalah bagikan artikel Anda pada papan diskusi dan berikan respon pada pertanyaan orang lain. Dengan kata lain hal ini sama saja seperti forum. Setelah Anda mulai berpartisipasi dalam forum diskusi ini, orang akan menghormati Anda dan belajar untuk mempercayai Anda.

Halaman (pages):

Facebook baru-baru ini meluncurkan "Halaman (pages)," yang mirip dengan grup. "Halaman" ini memungkinkan pebisnis untuk membangun kehadiran merek (brand presence) di Facebook. Anda dapat menambahkan kode html, file flash dan bahkan aplikasi Facebook ke Halaman sehingga Anda dapat menyesuaikan halaman menjadi lebih baik, hal ini tidak dapat Anda lakukan pada grup. Orang-orang yang bergabung dihalaman Anda disebut "Fans" - mereka menjadi "fans" dari bisnis Anda.

Menggunakan Wall:

Pada halaman profil, Anda memiliki apa yang disebut "The Wall" - ini adalah dimana anggota jaringan Anda dapat mengirim pesan pada halaman profil Anda. Setiap kali seseorang posting sesuatu di dinding Anda dan setiap kali Anda memposting di dinding teman, semua orang dalam jaringan Anda dapat melihatnya. (Hati-hati untuk tidak mengirimkan pesan yang sangat pribadi di dinding seorang teman. Jika Anda ingin melakukannya, Anda memiliki pilihan untuk mengirimkan pesan ke kotak masuk Facebook teman Anda.)

Events:

Jika Anda mempunyai acara yang berhubungan dengan bisnis atau penjualan, Events adalah tempat yang tempat untuk mempostingnya. Setelah membuat events Anda, Anda dapat mengundang jaringan Anda untuk melihat dan berpartisipasi.

Catatan dan Foto:

Kedua aplikasi diatas memungkinkan Anda untuk berbagi artikel, posting blog atau gambar dengan jaringan Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendiskusikan bisnis Anda atau berbagi foto produk Anda. Teman Anda dapat memberikan komentar di posting Anda.

Pesan:

Ini adalah alternatif yang sangat baik untuk menggunakan email biasa. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengirim pesan pribadi atau kelompok kepada orang-orang dalam jaringan Anda. Keindahan dari aplikasi ini adalah bahwa Anda terlindungi dari kemungkinan spam, karena Facebook memiliki metode yang sangat baik unutk mencegah spam. Hanya berhati-hatilah untuk tidak terlalu sering email.

Marketplace:

Marketplace adalah layanan beriklan di Facebook. Di sini Anda dapat mengirim berbagai iklan yang berhubungan dengan bisnis Anda. Marketplace memungkinkan Anda untuk meng-upload gambar. Hanya berhati-hati untuk tidak membanjiri marketplace dengan iklan Anda, karena hal ini akan membuat Anda dihapus dari Facebook.

Status:

Fitur yang luar biasa ini dapat memberitahukan kepada jaringan Anda tentang apa yang Anda lakukan pada waktu tertentu. Seperti memberitahukan bahwa Anda baru saja upload konten baru ke situs web Anda, menambahkan produk baru atau apa saja.

Sekarang bahwa Anda telah mengetahui dasar-dasar untuk pemasaran melalui Facebook Anda mungkin berpikir, "Jadi setiap kali saya memposting item atau foto saya harus mengirim pesan ke teman2 saya? Wah ini akan memakan waktu dong "Jika itu yang Anda pikirkan, ini aspek berikutnya dan terakhir dari Facebook yang akan menjawab pikiran Anda!

Facebook News Feed:

Ini adalah favorit kami, dan ini adalah kelebihan yang hanya dimiliki Facebook dibandingkan jaringan sosial lainnya. Setiap kali Anda login ke account Facebook Anda, halaman pertama yang akan Anda lihat adalah feed berita. Halaman ini memberikan Anda semua berita terbaru dalam jaringan Anda, update dari apa yang teman-teman Anda lakukan di Facebook, Grup apa yang telah mereka ikuti, Hal apa yang mereka posting, Video apa yang telah diupload mereka,Siapa yang telah ditambahkan sebagai teman, dll Dan seperti Anda yg dapat melihat apa yang teman Anda lakukan, merekapun dapat melihat apa yang Anda lakukan. Dengan kata lain, setiap kali Anda memposting sesuatu, seluruh jaringan Anda akan melihatnya. Risiko ini menciptakan kesadaran produk atau layanan dalam jaringan Anda.
Pastikan untuk menggunakan fitur ini, dan semua tool pada Facebook, dengan penuh integritas dan tetap “bersih” maka orang-orang akan menghormati Anda.

0 komentar: