Rabu, 19 Mei 2010

Promosi Online Keuntungan dan Keburukannya

Semua bisnis online harus berpromosi, jika tidak jangan harap orang akan tahu bahwa bisnis tersebut eksis di internet. Promosi yang efektif adalah urat nadi setiap bisnis online.
Banyak keuntungan promosi online jika dibandingkan promosi via radio, televisi atau koran/majalah.
Diantara keuntungan tersebut adalah :
1. Biaya : Biaya promosi online jauh lebih murah jika dibandingkan berpromosi di koran, majalah, radio atau televisi. Saat ini promosi online dapat menjangkau lebih banyak orang jika dibandingkan promosi tradisional.
2. Ketersediaan : ketersediaan costumer yang potensial dengan promosi online jauh lebih banyak jika promosi secara tradisional. Di internet dimungkinkan seluruh penggunanya dapat melihat iklan online. Kalau kita bandingkan dengan koran atau majalah hanya orang orang yang berlangganan saja yang membaca iklan. Begitu pula dengan televisi dan radio, hanya orang-orang yang tertentu pada saluran tertentu yang membaca atau melihat iklan.
3. Biaya iklan lebih rendah setiap terjadi penjualan : faktanya jauh lebih murah beriklan di internet dibandingkan tv, radio dan majalah, dan iklannya lebih efektif menghasilkan penjualan karena lebih tertarget.
Telah terbukti bahwa promosi online lebih efektif daripada promosi tradisional. Lebih efektif dari segi biaya dan lebih efisien dari segi metode.
Keburukan Promosi Online :
Setiap ada kebaikan tentu ada keburukan, begitu pula dengan promosi online.
Salah satu keburukan promosi online adalah kurangnya kontrol biaya. Sebagai contoh : Jika Anda memilih untuk promosi banner disuatu situs, maka anda akan dikenakan biaya PPI (Pay Per Impression).
Jadi, setiap saat ketika orang mengklik di situs dan banner kita muncul maka kita akan dikenakan biaya. Mungkin biayanya tidak besar, tapi bisa bertumpuk menjadi besar. Saat ini keefektif-an dari promosi banner sudah diragukan.
Kita bisa dikenakan biaya ribuan dollar dan tidak satu pun banner kita di klik orang, tapi kita tetap dikenakan biaya setiap kali banner kita muncul. Hanya Anda yang bisa memutuskan apakah tipe promosi ini cocok dengan produk atau jasa Anda.
Metode lain dari promosi berbayar di internet adalah PPC (Pay Per Click). Ini yang paling banyak digunakan search engine. Kita akan dikenakan biaya setiap iklan kita di klik orang.
Tentu saja, ketika seseorang mengklik iklan kita maka artinya mereka berkunjung ke situs kita sehingga kesempatan menghasilkan penjualan lebih besar dibandingkan promosi PPI.

0 komentar: